Manusia dan Komputer

Tahukah Anda bahwa komputer sebenarnya hanya mengerti angka satu dan angka nol? Angka satu direpresentasikan dengan listrik sekitar 5 volt dan angka nol dan 0 volt. Lalu rangkaian angka satu dan nol pun dibaca sebagai bilangan biner.

0 = 0
1 = 1
2 = 10
3 = 11
4 = 100
dst.

Begitu sederhananya dan menurut ilmuwan hal ini pula yang terjadi di dalam otak  manusia. Resepresentasi paling sederhana denyut listrik tubuh atau impuls. Tentu saja tubuh kita jauh lebih canggih daripada komputer super sekalipun. Pada neuron sensorik (panca indra) rangsang yang datang diterjemahkan sebagai impuls listrik dan dikirim ke otak dengan kecepatan 400 km/jam. Wow! Inilah hebatnya ciptaan Allah SWT.  Apa jadinya jika impuls tersebut tidak terkirim sebagaimana mestinya? Itulah nikmat dari Allah SWT, nikmat kesempurnaan cara kerja tubuh. Lagi-lagi selalu ada hal yang harus kita syukuri dalam kehidupan kita.

 

Categories: Ocehan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>